Minggu, 01 Juli 2018

4 Makanan dan minuman ini berasal dari kotoran manusia dan hewan


Bagi sebagian orang, mengetahui makanan dan minuman berasal dari kotoran tentu menjijikkan. Tapi faktanya, ada beberapa makanan dan minuman berasal dari kotoran hewan maupun manusia.

Bahkan ada yang mempunyai khasiat kesehatan loh. Apa saja makanan minuman yang berasal dari kotoran hewan dan manusia? Berikut rangkumannya.

1. Kopi Luwak

Sudah bukan rahasia lagi jika kopi luwak dibuat dari biji kopi yang sudah keluar dari saluran ekskresi luwak. Luwak hanya memakan buah kopi yang sudah matang. Selain itu, biji kopi yang tidak tercerna sempurna diyakini sudah mengalami proses fermentasi oleh enzim pencernaan di dalam usus luwak dan menjadi lebih enak lagi jika diolah menjadi kopi.

2. Ttongsul

Ttongsul merupakan arak tradisional dari Korea Selatan yang dibuat dari kotoran manusia. Namun saat ini telah jadi minuman langka yang sudah jarang dibuat. Minuman ini diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membantu penyembuhan patah tulang.

Menurut ahli pengobatan tradisional, Dr. Lee Chang Soo yang masih memproduksi ttongsul, minuman ini dapat diproduksi dengan dua cara. Cara pertama dengan memfermentasikan tinja dan alkohol dari sulingan air gandum selama berbulan-bulan. Cara kedua dengan proses fermentasi selama beberapa hari saja. Tetapi kualitasnya tak sebagus yang dibuat dalam waktu lama.

3. Poopperoni

Rasa asam unik yang terdapat pada sosis, salami, dan pepperoni merupakan hasil fermentasi dari bakteri. Namun keberadaan bakteri ini tak membuat daging olahan ini lebih sehat. Berangkat dari pemikiran ini, sejumlah ilmuwan lantas menciptakan pepperoni yang jauh lebih sehat. Caranya adalah dengan menambahkan bakteri dari kotoran manusia, tepatnya kotoran bayi.

Bakteri dalam kotoran bayi dinilai memiliki khasiat sehat untuk saluran cerna, bisa menjadikan pepperoni dan sosis sesehat yoghurt. Dilansir LiveScience, pepperoni yang dibuat dari bakteri kotoran bayi memiliki rasa yang sama dengan pepperoni biasa.

4. Kopi Black Ivory

Kalau Indonesia punya kopi luwak, Thailand punya kopi Black Ivory. Serbuk kopi ini juga diolah dari biji kopi yang dikeluarkan saluran ekskresi binatang, tepatnya gajah Thailand. Dilansir CNNGO, Black Ivory memiliki rasa yang tak terlalu pahit, karena protein di dalam kopi sudah dicerna oleh enzim di dalam usus gajah.

0 komentar:

Posting Komentar