Selasa, 24 Juli 2018

Validasi data formasi CPNS 2018 akan selesai akhir juli


Akhir juli menjadi tenggat waktu yang dikatakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk menyelesaikan validasi data dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

"Akhir Juli adalah ancar-ancar. Kami ingin ketika diumumkan adalah pada saat semua proses menuju pengumuman telah selesai," tutur Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir saat dihubungi Liputan6.com mengenai validasi data CPNS 2018, Senin (23/7/2018).

Mudzakhir memastikan segera mengumumkan proses validasi tersebut kepada masyarakat. "Mohon ditunggu, ketika sudah saatnya akan kami segera umumkan," kata dia.

Dia mengaku, Kementerian PANRB tidak menargetkan secara khusus waktu pengumuman seleksi CPNS 2018. Menurut dia, jika segala proses telah rampung, informasi tersebut akan langsung dibagikan kepada publik.

"PANRB tidak berdasarkan prediksi, namun menetapkannya sesuai ketentuan dalam PP no 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS," ungkapnya.

Saat ditanya apakah waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan pada pekan pertama di bulan Agustus, Mudzakhir masih enggan membocorkanya secara pasti.

Kata Mudzakir, yang paling penting waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan segera.

"Saya tidak bisa menyebutkan bulan tertentu yang sifatnya definitif ya. Mohon ditunggu saja. Intinya, sesuai yang disampaikan Pak Menteri PANRB Asman Abnur, semakin cepat semakin baik," tandas dia.

Ingin Daftar Seleksi CPNS 2018, Perhatikan Hal Ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan penerimaan dan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 secara resmi segera diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Iwan Hermanto mengemukakan, untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi.

Menurut Deputi bidang Sinka BKN itu, berbeda dengan proses seleksi sebelumnya, mulai tahun ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Ini akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik, kata Iwan seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Rabu (11/7/2018).

Selain perubahan dari proses seleksi, kata Iwan, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id, dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Perubahan sistem mekanisme seleksi CPNS 2018 ini diharapkan akan mempersingkat alur pendaftaran itu sendiri. Sehingga akan memudahkan para pelamar dalam mendaftar di satu pintu saja.

0 komentar:

Posting Komentar