Kamis, 30 Agustus 2018

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Merenovasi Rumah Anda



Memiliki hunian yang nyaman merupakan impian semua orang. Kebanyakan orang akan merenovasi rumahnya saat sudah memiliki biaya dan mengatur ulang ruangan di rumah. Ada yang menggunakan jasa bangun rumah atau juga merancang sendiri renovasinya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum merenovasi rumah.

1 Rencanakan Renovasi Sejak Jauh-Jauh hari

Merencanakan renovasi rumah membutuhkan persiapan dana yang cukup banyak. Maka dari itu, Anda bisa merencanakan sejak awal untuk mempersiapkan dana sedini mungkin. Anda bisa mulai membuat anggaran, pemilihan material bangunan hingga mendesain bagian mana saja yang perlu direnovasi.

Anda juga perlu memperhitungkan biaya pemeliharaan untuk jangka panjang, penghematan energi hingga biaya perbaikan yang mungkin akan meningkat seiring bertambahnya tahun. Mempersiapkan dana yang cukup tidak akan membuat Anda was-was saat melakukan renovasi rumah.

2.  Pahami Karakteristik Lahan dan Keadaan Sekitar

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memahami karakteristik lahan sekitar rumah Anda. Misalnya jika keadaan sekitar rumah Anda cenderung berisik, saat merenovasi Anda bisa membuat rumah agak menjorok ke dalam dan menambahkan tanaman hijau di depan rumah untuk meredam suara.

Apabila rumah Anda sering kebanjiran, Anda bisa merancang rumah agak tinggi atau menambahkan penghalang pada bagian depan rumah agar air tidak masuk ke dalam rumah. Anda juga perlu mempelajari lingkungan social sekitar, jangan sampai rumah Anda nantinya terlihat terlalu mencolok dan berbeda dari rumah lainnya.

3. Pertimbangkan Kebutuhan Penghuni Rumah

Sebelum merombak ulang rumah, ada baiknya Anda memerhatikan kebutuhan dari semua penghuni rumah. Misalnya saja Anda memerlukan area dapur yang lebih luas agar leluasa memasak atau membutuhkan kamar tambahan untuk anak-anak. Anda juga bisa memperluas ruang keluarga dan menatanya kembali agar lebih nyaman.

Bagi para penggemar buku, memiliki satu spot dengan taman kecil dan rak-rak buku yang luas dan nyaman sebagai ruang baca juga perlu dipertimbangkan. Penataan ruangan yang tepat bisa Anda terapkan untuk mendapatkan rumah yang nyaman untuk semua penghuni rumah.

4.  Pelajari Struktur Bangunan Lama

Sebelum melakukan banyak hal pada saat renovasi, Anda perlu mempelajari struktur lama dari bangunan rumah Anda. Jika Anda hanya melakukan renovasi pada bagian tertentu, pertimbangkan apakah desain yang baru bisa menyatu dengan bangunan lama atau masih perlu penyesuaian lebih lanjut.

Jika ingin melakukan renovasi total, Anda harus mempertimbangkan bagian mana yang harus diubah dan dipertahankan. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan jasa desain interior terpercaya yang bisa Anda temukan di sejasa.com.

5. Pertimbangkan Saluran Air dan Instalasi Listrik

Apabila Anda ingin melakukan renovasi pada area kamar mandi atau dapur, Anda harus mempertimbangkan saluran air di rumah Anda. Apalagi jika Anda ingin menambah akmar mandi atau memindahkan lokasi dapur. Anda harus mempertimbangkan apakah saluran pipa air bisa disambungkan atau apakah pasokan air mencukupi.

Saat merenovasi rumah, Anda juga perlu memperbarui intalasi listrik di rumah Anda. Ada baiknya Anda mengganti panel lisrik yang lama apalagi jika rumah yang Anda tempati sudah dibangun cukup lama. Melakukan hal ini akan mencegah terjadinya kecelakaan atau kontak arus pendek listrik di rumah Anda.

Bagaiamana, apa Anda sudah mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum merenovasi rumah? Nah, jika Anda sedang membutuhkan jasa bangun rumah dengan kontraktor bangunan, Anda bisa mengunjungi sejasa.com yang menyediakan tenaga ahli berkompeten dalam merenovasi rumah Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar