Kamis, 20 September 2018

Harga Pipa PVC dan Pilihan Bentuk sesuai Kebutuhan


Pipa paralon atau PVC sudah dikenal luas di Indonesia. Berhubung ringan, pipa ini kerapkali dipakai untuk pengganti dari pipa besi. Meskipun kurang lentur, tetapi harga pipa ini cukup murah, mampu tahan terhadap asam alkali, dan proses instalasinya mudah. Berikut pilihan bentuk yang sudah diproduksi secara luas dan didistribusikan di Tanah Air.

Model Pipa Polos

Bentuk pipa ini yang paling banyak dijumpai. Baik di toko bangunan, toko online, maupun toko-toko pada umumnya. Ciri dari bentuk pipa ini memiliki diameter yang sama. Jadi, antara pipa satu dengan lainnya punya ukuran lubang sama. Oleh karena itu, sangat memerlukan sambungan pipa ketika digunakan untuk instalasi.

Keunggulan dari model pipa ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Meskipun biasanya digunakan untuk pengairan, tetapi bisa pula digunakan untuk melindungi kabel dari kontak terhadap konduktor listrik. Kadang juga dipakai untuk irigasi atau mengalirkan air dari bukit ke rumah-rumah agar bisa digunakan untuk minum dan kebutuhan sehari-hari.

Model Pipa MOF

Berbeda dengan model sebelumnya, bentuk MOF ini memiliki diameter lebih besar. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli sambungan pipa ketika hendak membuat saluran air. Cukup lengkapi saja dengan paralon yang berukuran lebih kecil. Pasti masuk. Hanya saja, harga model pipa MOF ini lebih mahal dari yang polos.

Model Pipa Fitting

Namanya saja fitting, pasti tidak jauh-jauh dari sambungan pipa, sesuai dengan makna berdasarkan terminologinya. Harga pipa model ini sangat variatif, tapi tidak semahal pipa lurus. Bentuknya juga sangat variatif. Mulai dari T, L, increaser, dan lainnya. Namanya kadang disebut dengan elbow, tee, cap, socket, faucet tee, sampai Y-branch.

Pipa model ini sangat berguna ketika diterapkan untuk instalasi yang rumit. Misalnya saat digunakan untuk pengairan dari dalam tanah yang mengandalkan pompa air. Tentu banyak bagian-bagian yang memerlukan sambungan pipa agar air bisa mengalir lancar. Kan tidak mungkin pipa lurus dibengkok-bengkokkan.

Model Pipa Talang

Sesuai dengan namanya, model pipa ini seringkali digunakan untuk mengalirkan air hujan di atas atap. Biasanya diletakkan di antara pertemuan gunungan rumah atau ujung pada jurai atap. Pipa PVC ini memiliki bentuk penampang mirip dengan huruf U. Fungsinya sangat efektif.

Di Indonesia, harga pipa PVC sangat variatif. Akan tetapi, hanya sedikit sekali produsen pipa PVC yang betul-betul memerhatikan kualitasnya. Salah satu yang wajib kamu pertimbangkan adalah pipa PVC dari Rucika. Selain sudah bersertifikat JIS, harganya juga sangat murah. Sebagai contoh, sambungan pipa plug (AW) 1 inci saja hanya Rp1.500,00.

0 komentar:

Posting Komentar