Jumat, 07 Desember 2018

Kampung Berseri Astra : Mengintip Pesona Desa Peguyangan Bali



Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program kontribusi sosial berkelanjutan dari PT. Astra International Tbk yang diterapkan kepada masyarakat dengan mengembangkan konsep dan diintegrasikan pada 4 pilar program, diantaranya pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan juga kesehatan.

Dengan adanya program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan juga perusahaan bisa berkolaborasi untuk dengan bersama mewujudkan wilayah bersih, sehat, cerdas, dan juga produktif, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

PT. Astra International Tbk memberikan fasilitas kepada desa atau kampung yang memiliki potensi untuk berkembang lebih baik lagi. Hingga saat ini sudah ada 77 nama kampung yang telah bergabung menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra. Tentunya ini memberikan banyak manfaat bagi para warga yang berada di kampung tersebut.

Ada 5 kategori kampung yang bisa menjadi bagian dari program KBA yaitu kampung produktif, kampung wisata, kampung budaya, kampung hijau, dan kampung cyber.  Setiap kampung mempunyai potensi dan juga keunggulan masing-masing. Salah satunya yaitu kampung Peguyangan yang berada di kecamatan Denpasar Utara, Kota Depansar, Bali. 

Masyarakat Bali menyebut program Kampung Berseri Astra dengan nama Banjar Berseri Astra, karena Banjar adalah cara penyebutan pembagian wilayah di Bali. Kampung Peguyangan dipilih oleh PT. Astra International Tbk sebagai anggota KBA bukan tanpa alasan. Tentunya kampung ini mempunyai potensi menjadi anggota Kampung Berseri Astra.

Masyarakat Peguyangan sendiri juga mempunyai potensi untuk memajukan kampung mereka. Kampung ini mempunyai wilayah yang strategis dan mempunyai banyak keunikan dan potensi yang sangat mampu untuk dikembangkan. Maka dari itu, Astra memilih kampung ini menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra.

Pendidikan dan Kesehatan Kampung Peguyangan

Ada beberapa pilar yang menjadi konsep dasar pelaksanaan program dari Kampung Berseri Astra. Untuk pilar pendidikan, program lebih ditujukan untuk sekolah jenjang SD ataupun SMP. Pilar pendidikan bukan hanya berfokus pada ilmu pengetahuan yang dibagikan kepada para murid, namun juga berfokus pada pendidikan karakter anak, misalnya untuk kebiasaan hidup sehat atau menjaga lingkungan hidup yang ada di sekitar.

Untuk pilar kesehatan, Astra mempunyai program pembinaan posyandu di kampung peguyangan. Terdapat pelatihan dan juga pembekalan yang diberikan kepada kader PKK. Ini gencar dilakukan agar kualitas kesehatan masyarakat kampung Peguyangan semakin meningkat kualitasnya.  Selain itu, dilakukan juga sosialisai mengenai kebiasaan hidup sehat untuk masyarakat sekitar.

Kewirausahaan dan Lingkungan

Ekonomi masyarakat bisa meningkat jika mereka memiliki niat untuk usaha. Caranya yaitu dengan mencoba berwirausaha. Masyarakat kampung Peguyangan diberikan bimbingan mengenai budidaya jamur agar mereka bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Hingga saat ini, budidaya jamur menjadi kegiatan yang banyak dilakukan dan memberikan kemajuan di kampung Peguyangan.

Untuk lingkungan di kampung Peguyangan difokuskan menjadi ekowisata. Dimana banyak penanaman pohon dan juga berbagai jenis tanaman untuk membuat lingkungan menjadi lebih asri dan juga lebih sehat.

Wisata di Peguyangan

Bali memiliki banyak pilihan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Setiap sisi di Bali memiliki keindahan masing-masing, begitu pula dengan keindahan kampung Peguyangan. Banyak hal menarik dari kampung Peguyangan yang semakin berkembang dengan adanya program KBA. Usaha masyarakat dan juga PT. Astra International Tbk untuk menjadikan ekowisata di kampung Peguyangan sangat berhasil. 

Pemandangan dan lingkungan indah nan asri bisa dinikmati di kampung ini. Salah satu yang menarik dari kampung Peguyangan adalah subak atau sistem pertanian Bali yang unik. Ini menjadi poin yang membuat kampung Peguyangan terpilih menjadi bagian dari program Kampung Berseri Astra.

0 komentar:

Posting Komentar