Selasa, 19 Februari 2019

5 Langkah untuk Memulai Menjadi Pekerja Freelance


Freelance atau bekerja secara lepas menjadi salah satu posisi yang menguntungkan. Jika dilihat perkembangan dalam dunia bisnis saat ini bergerak sangat cepat. Keadaan ini membuat Anda mau tidak mau harus mengikuti trend yang ada dan beradaptasi sesegera mungkin. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, akhirnya memunculkan berbagai macam pekerjaan yang dulunya belum pernah ada.
Semua posisi yang ada dalam dunia bisnis, tentu membutuhkan yang namanya skill dan ini tidak bisa jika dikerjakan oleh satu orang saja. Ini yang menjadikan banyak peluang usaha yang baru untuk orang-orang yang memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.
Nah para freelancer atau pekerja lepas inilah yang akan mendapat posisi untuk memanfaatkan peluang pekerjaan tersebut, dengan catatan mereka memiliki kemampuan yang sesuai. Dengan begitu, juga akan mendapat penghasilan yang besar didasarkan pada keahlian dan kepuasan klien.
Jika Anda tertarik untuk bekerja di dunia freelance dan memiliki keahlian tertentu, bisa menyimak info di bawah ini untuk mengetahui langkah mudah memulai menjalankan profesi freelancer, ini dia beberapa diantaranya :
1. Mengenali keahlian diri
Langkah awal untuk memutuskan terjun ke dalam dunia freelance adalah dengan mengenali keahlian yang dimiliki. Ada beberapa peluang kerja yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan keterampilan. Tentu modal utama adalah keterampilan tersebut untuk menjalankan bisnis ini.
Biasanya para pekerja lepas memilih profesi yang sesuai dengan keterampilan di bidang kreatif, misalnya desain, menulis, seni, fotografi, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya bukan hanya bidang kreatif saja yang terdapat dalam bisnis ini, bidang lain seperti administratif dan manajemen juga bisa menjadi salah satu peluang kerja dalam dunia freelance. Namun memang bidang-bidang tersebut masih kalah populer jika dibandingkan dengan bidang kreatif.
2. Melakukan riset pasar
Setelah Anda mengetahui apa keterampilan yang dimiliki, saatnya melakukan riset atau penelitian pasar. Yang dimaksud disini adalah keterampilan yang Anda miliki haruslah bisa dijual kepada masyarakat. Ada banyak tempat yang bisa menerima skill seseorang yang ingin menjadi freelancer.
Biasanya freelancer memilih peluang bisnis dalam bidang online, karena konsumen pasar juga banyak tersedia di sistem online ini. Dengan melakukan riset, nantinya Anda akan bisa mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan nantinya. Selain itu, Anda juga bisa lebih siap untuk menjadi seorang freelancer yang baik.
3. Mengumpulkan karya yang sudah dibuat
Untuk Anda yang berniat menjadi seorang freelancer, bisa mengumpulkan beberapa karya yang dulu sudah pernah dibuat. Ini menjadi portofolio agar Anda bisa menunjukkan kepada klien hasil karya yang sudah dibuat selama ini. Mengingat untuk freelancer, kepuasaan pelanggan adalah hal yang sangat penting.
4. Menyampaikan kepada semua orang
Setelah Anda memutuskan untuk menjadi freelancer, segera informasikan hal ini kepada seluruh orang. Cara ini menjadi salah satu cara berpromosi yang baik. Bisa Anda sampaikan pada keluarga, teman, sahabat, teman kerja, atau siapapun yang mungkin tidak mempunyai hubungan dengan bidang freelance yang Anda pilih.
Hal ini penting dilakukan agar orang-orang yang Anda beri informasi bisa memberitahukan kepada orang lain yang mungkin saja membutuhkan jasa Anda. Atau jika orang yang Anda kenal tersebut di lain kesempatan membutuhkan jasa Anda. Apalagi untuk para pemula, melakukan promosi pekerjaan sangatlah penting untuk dilakukan.
Demikian 4 tips langkah awal untuk memulai menjadi freelancer. Mungkin untuk Anda hal ini bukanlah hal yang mudah, namun jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia freelancer, tidak ada salahnya untuk mencoba. Yang terpenting Anda berniat melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar