Senin, 04 Maret 2019

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Mouse Gaming


Sebenarnya bermain game juga bisa menggunakan mouse yang biasa saja. Namun mouse gaming sangat penting digunakan bagi Anda yang ingin bermain game sekaligus meningkatkan kempuan Anda. Mouse khusus gaming yang dijual di pasaran juga cukup beragam. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Desain Mouse
Desain yang dimaksud dalam hal ini adalah desain mouse yang akan Anda gunakan untuk gaming. Sebenarnya bagaimana sih desain yang ideal untuk mouse gaming? Pastikan untuk tidak memilih mouse dengan ukuran yang besar. Pasalnya hal ini akan membuat Anda cenderung lebih cepat lelah ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Mouse seperti ini kurang cocok dibeli.

Saat ini bahkan sudah ada banyak sekali mouse khusus gaming yang dibuat untuk orang kidal atau digunakan menggunakan tangan kiri. Mengingat mouse khusus gaming sebagian besar cenderung dipatok dengan harga yang cukup mahal, tentunya Anda tak ingin hanya dipakai sekali atau dua kali saja bukan? Untuk itu, pastikan Anda mempertimbangkan dari segi desain juga ya.

2. Tombol Makro
Hal inilah yang menjadi fitur pembeda antara mouse standar dan mouse khusus gaming. Sebagian besar mouse khusus gaming dilengkapi dengan berbagai tombol makro yang berada pada bagian sisi mouse. Tak seperti mouse pada umumnya yang hanya dilengkapi dengan tombol klik kanan kir dan scroll saja. 

Rata-rata mouse khusus gaming dilengkapi dengan tombol makro paling sedikit 3 tombol. Sedangkan mouse khusus gaming keluaran sendiri dilengkapi dengan 12 tombol makro pada setiap bagian sisinya. Hal ini tentunya akan lebih memanjakan para pecinta gamers. Untuk itu pastikan Anda juga memperhatikan tombol makro ketika akan membeli mouse khusus gaming.

3. Performa Mouse
Pada umumnya mouse khusus gaming cenderung memiliki performa yang lebih tangguh dibanding dengan mouse biasa. Mungkin Anda akan merasa kaget ketika baru saja beralih menggunakan mouse khusus gaming. Atau bahkan Anda juga bisa saja merasa kecewa ketika berpindah dari mouse khusus gaming ke mouse biasa.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya sebagian besar mouse khusus gaming memiliki DPI yang tinggi. Sebenarnya apa sih DPI itu? DPI merupakan singkatan dari dots per inch yang berarti satuan ukur untuk keakuratan optik yang dimiliki oleh mouse khusus gaming tersebut.

Hal yang satu ini hampir mirip dengan resolusi sebuah layar dengan pixel per inch atau PPI. Semakin rapat PPI maka semakin tajam dan akurat pula gambar yang dihasilkan. Hal ini sangat patut diperhatikan bagi para gamers khususnya game FPS seperti Counter Strike, Point Blank, dan lain sebagainya.

4. Sensitivitas
Sensitivitas pada mouse khusus gaming ini biasanya berbanding lurus dengan pengaturan DPI. Semakin tinggi DPI yang dihadirkan maka semakin sensitif pula gerakan mouse terhadap gerakan. Hal ini juga bergantung dengan game yang dimainkan pula. Sekian tinggi respons yang dibutuhkan maka semakin tinggi juga sensitivitas mouse yang dibutuhkan.

Untuk pengaturan mouse khusus gaming ini juga cenderung berbeda-beda. Paling tidak ada 2 macam pengaturan yang diterapkan pada mouse khusus gaming yaitu pengaturan yang sudah ada di dalam mouse itu sendiri dan ada pula mouse khusus gaming yang harus mengunduh software tambahan seperti mouse keluaran Razer Synapse.

Jadi pastikan Anda memperhatikan 4 hal di atas ketika hendak membeli mouse khusus gaming. Harga mouse gaming yang terbilang cukup mahal tentunya membuat Anda juga harus lebih selektif ketika memilihnya. Pilihlah mouse yang memang benar-benar nyaman saat digunakan. Anda juga bisa mendapatkan mouse khusus gaming hanya di jakmall.com.  

0 komentar:

Posting Komentar