Selasa, 26 Maret 2019

Cara Membersihkan Luka dengan Benar Agar Tidak Infeksi


Terjadinya gesekan atau benturan dengan benda yang keras sering kali menyebabkan kulit terluka, bahkan juga mengeluarkan darah. Patut untuk segera diatasi untuk mencegah terjadinya pendarahan, apalagi jika seandainya luka yang didapatkan tersebut cukup dalam. Tentunya akan sangat beresiko menyebabkan masalah yang lebih serius, harus segera dilakukan pertolongan pertama untuk mencegah pendarahan dan gunakan juga obat luka jatuh cepat kering sehingga nantinya area yang terluka tersebut cepat sembuh dan tidak membekas.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan membersihkan luka tersebut terlebih dahulu, jangan salah karena luka ini sangat rentan untuk mengalami resiko infeksi karena bakteri ataupun jamur, sehingga harus dijaga agar tetap bersih. Berikut ini diantara cara membersihkannya yang benar, yaitu:

1. Pastikan bahwa tangan yang dipakai untuk membersihkan luka tersebut dalam kondisi yang bersih steril, maka sebelumnya sudah harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Jika perlu maka gunakan sarung tangan medis.

2. Cuci terlebih dahulu area yang terluka tersebut dengan air mengalir yang bersih, ini berguna untuk mencegah agar kuman tidak masuk dan menginfeksi. Namun jika seandainya terjadi pendarahan, maka sebelumnya yang harus dilakukan adalah dengan menangani pendarahan tersebut terlebih dahulu.

3. Jika memang ada kotoran yang masuk atau mungkin bekas dari pecahan kaca, maka pastikan bahwa kotoran tersebut dibersihkan terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan ponsel yang sebelumnya sudah disterilkan dengan menggunakan alkohol. Jangan mendorong pinset kedalam karena akan memperparah luka.

4. Segera tutup area yang terluka tersebut dengan menggunakan perban atau kain kasa, sehingga tidak memungkinkan infeksi bakteri pada area yang terluka.

5. Segera dapatkan obat yang bisa mengeringkan luka bakar tersebut secara lebih cepat.

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis obat untuk mengatasi luka yang dijual di pasaran, mulai dari luka ringan seperti goresan, hingga obat luka bakar kena knalpot juga tersedia. Untuk itu jangan sampai salah dalam membeli. cek terlebih dahulu pilihan produknya di Go Apotik.

0 komentar:

Posting Komentar