Rabu, 10 April 2019

Beberapa Penyebab Mata Bayi Belekan yang Tak Boleh Anda Abaikan


Layaknya orang dewasa, merupakan suatu hal yang normal, jika bayi Anda memiliki kotoran mata. Namun jika frekuensi dan intensitasnya terlalu sering, wajar bila Anda merasa khawatir. Apalagi jika kondisi ini disertai dengan gejala lain seperti mata merah, bengkak, dan nyeri saat ditekan. Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab mata bayi belekan berikut ini.   

1. Infeksi pada Mata Bayi
Kotoran mata yang dimiliki bayi Anda bisa disebabkan karena terjadinya infeksi pada matanya. Infeksi ini disebabkan karena bayi Anda mengalami kontak dengan bakteri, virus, dan jamur. Saat infeksi telah terjadi, biasanya bayi Anda akan sering mengucek bagian matanya. Mata bayi pun akan menjadi merah dan produksi air matanya pun meningkat.  

2. Sumbatan pada Kelenjar Air Mata
Kondisi penyumbatan kelenjar air mata dialami oleh sekitar 10% bayi yang baru saja dilahirkan. Kelenjar air mata yang tersumbat membuat produksi air mata berlebih, namun tidak bisa dialirkan keluar mata secara normal. Air mata yang diproduksi terkumpul dalam mata, sehingga menyebabkannya berubah menjadi kotoran mata yang terpusat di sudut mata bayi. 

3. Benda Asing yang Masuk ke Mata
Mata bayi belekan juga disebabkan karena adanya benda asing yang masuk ke mata bayi. Lingkungan tempat bayi tumbuh yang tidak bersih, membuat debu dan kotoran yang beterbangan, berisiko masuk ke mata bayi. Layaknya orang dewasa, intensitas bayi mengerjap-ngerjapkan atau mengucek matanya untuk bisa mengeluarkan partikel asing tersebut. 

4. Flu dan Pilek pada Bayi
Saat bayi Anda mengalami flu dan pilek biasa, kemungkinan matanya belekan pun meningkat. Hal ini terjadi karena saat flu dan pilek, bayi akan ingusan dan juga matanya akan berair. Anda harus mencegah bayi terjangkit flu dan pilek, agar dia pun bisa terhindar dari mata belekan. Kondisi Anda dan pasangan yang sedang tidak sehat, juga bisa menular dan membuat bayi Anda jatuh sakit. 

5. Radang yang Disebabkan oleh Bakteri
Mata belekan pada bayi bisa disebabkan karena terjadinya peradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Istilah medis untuk kondisi ini adalah konjungtivitis. Saat mata bayi terkena konjungtivitis, maka produksi kotoran mata akan meningkat. Bahkan, saat bangun tidur, kelopak mata bayi Anda bisa lengket karena kotoran mata. 

Radang yang terjadi pada konjungtiva ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti bakteri dan virus. Konjungtivitis karena bakteri bisa terjadi pada bayi jika terjadi kontak langsung dengan penderita konjungtivitis. Untuk konjungtivitas karena virus, biasanya tersebar lewat virus yang keluar saat bersin atau batuk. Jadi, lingkungan merupakan faktor penting penyebab dari radang ini.

Jika produksi kotoran mata bayi masih berada dalam tahap normal, Anda tentu tak perlu merasa khawatir. Namun, apabila produksi beleknya berlebihan, Anda perlu segera mungkin memeriksakan keadaannya. Dokter spesialis anak di orami.co.id pun siap membantu Anda, untuk menemukan solusi menangani mata bayi belekan lewat konsultasi online. 

0 komentar:

Posting Komentar