Sabtu, 06 April 2019

Cara Ampuh Menambah Pelanggan Bengkel


Dalam berbisnis inovasi adalah hal mutlak yang harus dilakukan, selain harus terus menjaga kepercayaan konsumen dengan memberikan layanan yang maksimal dan terbaik.

Semua jenis bisnis memang butuh proses, apalagi kalo bisnis yang dilakoni sebuah bengkel tentu ada tahap langkah yang harus dilakoni. Diperlukan kesabaran, kerja keras dan strategi jitu untuk memasarkan bengkel agar dikenal masyarakat luas. 

Sedikitnya ada 4 faktor utama yang bisa membuat bengkel mendapatkan predikat bengkel bagus atau malah sebaliknya, 4 faktor itu antara lain, kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Jika ke-4 prinsip dasar tadi berhasil diterapkan dalam intern managemen, cepat atau lambat nama baik bengkel kendaraan kita akan menyebar dari mulut ke mulut. Pelanggan yang puas akan merekomendasikan pada orang yang mereka kenal. Itu adalah cara alami yang paling ampuh dan akan bertahan lama untuk menjaring pelanggan. Namun jangan sampai melupakan satu foktor penting lagi yang harus diterapkan agar bengkel bisa bertahan di era serba digital ini, yaitu Inovasi.

Untuk bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti :

1. Rekrut Tenaga Ahli
Jika Anda masih dalam taraf belajar mengutak-atik mesin, jangan coba-coba menangani sendiri perbaikan kendaraan milik pelanggan. Ingat, mereka datang untuk men-serviskan mobilnya agar nyaman dikendarai, bukan untuk dijadikan sebagai bahan praktikum. Kalau hasilnya justru kerusakan makin parah, bisa dipastikan dia tidak akan pernah datang kembali. Jadi merekrut tenaga ahli adalah solusi cepat untuk mendatang pelanggan yang lebih banyak lagi.

2. Ramah
Sebagai pengusaha jasa, sikap ramah adalah sebuah kewajiban yang harus dimilki, berusahalah tetap ramah kepada pelanggan, walaupun kadang kalian akan menemukan pelanggan yang cerewet atau malah menyebalkan. Sebisa mungkin tahanlah emosi anda, selalu berikan senyum ramah kepada pelanggan. Gunakan tutur kalimat santun dalam melayani konsumen. Kata-kata maaf, selamat pagi-siang-sore, ada yang bisa kami bantu? terima kasih akan membuat mereka merasa dihargai. 

3. Internet
Seperti yang dikemukakan diatas untuk menambah pelanggan inovasi juga penting untuk dilakukan, Berinovasilah menggunakan Inernet, atau lebih baik lagi anda bisa membuat Aplikasi Bengkel Online, Berikan fasilitas seperti montir yang datang ketempat dimana kendaraan pelanggan mogok atau sekedar tambal ban panggilan. 

Selain itu gunakanlah flatform media sosial untuk mengiklankan bengkel anda, tapi yang perlu diingat Promosi gencar hanya akan efektif untuk menjaring pelanggan baru. Untuk menjadikannya sebagai pelanggan loyal, permorma, kualitas dan layanan bengkel mobil kitalah yang jadi kunci utamanya. Percuma jor-joran iklan dimana-mana jika kualitasnya buruk. Maka sebelum promosi gencar, perbaiki dulu kinerja bengkel kita.

Demikian artikel ulasan trik-tips cara menggiring pelanggan untuk meramaikan bengkel anda. Strategi marketing sederhana ini bisa diterapkan pada jenis usaha di bidang jasa otomotif lain.

0 komentar:

Posting Komentar