Senin, 20 Mei 2019

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Bawah 6 Bulan yang Alami


Kategori usia memang membedakan cara mengatasi batuk pada bayi. Pasalnya, usia sangat erat kaitannya dengan kondisi tubuh yang masih rentan. Ketika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, tentu saja belum boleh diberikan MPASI atau makanan dan minuman lainnya. Pemberian obat juga harus alami dan tertentu saja. Beberapa cara penanganan yang benar adalah sebagai berikut.

1. Memberikan ASI Eksklusif
ASI eksklusif sangat dibutuhkan oleh bayi, terutama yang masih berusia di bawah 6 bulan karena ASI merupakan asupan nutrisi satu-satunya. Pemberian ASI secara intensif ini akan melancarkan sistem metabolisme dan meningkatkan kekebalan tubuh. Infeksi bakteri dan virus penyebab batuk bisa diakhiri. ASI juga membuat dahak lebih encer, sehingga lendir bisa dikeluarkan lebih cepat.

2. Memberikan Terapi Uap Panas
Terapi uap panas ini sangat mudah dilakukan. Anda bisa melakukan terapi ini setiap harinya saat si kecil mandi dengan air hangat. Anda juga bisa mengompres si kecil dengan air hangat sambil melakukan terapi air panas untuk menurunkan demam. Tak hanya itu, tenggorokan dan hidung yang tersumbat juga jadi lebih lega karenanya.

3. Mengoleskan Minyak Telon yang Dicampur Bawang Merah
Cara mengatasi batuk pada bayi juga bisa dilakukan dengan bahan alami, yaitu bawang merah. Jadi, Anda bisa membuat irisan bawang merah yang dicampurkan dengan minyak telon untuk kemudian dioleskan ke tubuh bayi.

4. Mengoleskan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih juga direkomendasikan untuk menghangatkan tubuh bayi. Ketika tubuh menjadi hangat, maka demam akan turun. Tenggorokan dan dada yang sesak bisa kembali lega. Pernapasan si kecil tidak lagi terganggu. Hidung yang tersumbat juga bisa diatasi.

5. Memposisikan Kepala Bayi Lebih Tinggi Saat Tidur atau Berbaring
Saat bayi tidur atau berbaring, usahakan untuk memposisikan kepalanya lebih tinggi dari badannya. Mengapa? Posisi yang demikian akan membuat pernapasan bayi lebih lega. Dada juga tidak terasa sesak seperti sebelumnya. Caranya adalah dengan meletakkan bantal atau kain yang sudah dilipat di bawah kepala bayi.

6. Meletakkan Potongan Bawang Putih Dekat Tempat Tidur Bayi
Bahan alami berikutnya yang berguna menyembuhkan batuk pada bayi di bawah 6 bulan adalah bawang putih. Anda bisa meletakkan potongan atau irisan bawang putih yang sudah dipanaskan atau dibakar, di dekat tempat tidur bayi.

Kandungan sulfur di dalam bawang putih bisa menghangatkan tubuh bayi dan membuat hidung yang tersumbat menjadi lega. Dada dan tenggorokan yang sesak juga bisa diatasi dengan menggosokkan kain yang berisi irisan bawang putih tersebut secara langsung.

Cara mengatasi batuk pada bayi di atas 6 bulan di atas mampu meningkatkan imunitas. Mengenai obat batuk, lebih dianjurkan obat alami seperti penjelasan di Orami Magazine. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi si kecil. Anda juga dapat mengetahui jenis batuk yang dialami si kecil. Info jenis batuk yang sering dialami bayi bisa dilihat di orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar