Kamis, 20 Juni 2019

Melirik Desa Ende di Lombok Tengah


Musim panas waktunya untuk berlibur. Apalagi di waktu-waktu seperti ini di pertengahan tahun, liburan ke tempat yang menawarkan keindahan alam pantai dan pegunungan bisa menjadi lokasi tepat untuk sekadar melepas lelah.

Salah satu lokasi yang tepat untuk liburan di musim panas kali ini adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau yang terletak berdampingan dengan Pulau Dewata, Bali, ini memiliki semua karakteristik yang lengkap sebagai tempat liburan. Mau ke pantai? Ada. Mau ke gunung? Juga ada. Atau hanya sekadar ingin jalan-jalan menikmati kearifan lokal dan budayanya, Lombok juga punya semuanya.

Bicara soal budaya, Lombok memang kental dengan pengaruh budaya Bali. Dari pakaian tradisional, tarian, musik tradisional, bahasa, hingga kulinernya yang sedikit mirip. Namun ada perbedaan yang cukup mendasar, yakni agama yang dianut oleh masyarakat di kedua pulau yang saling bersisian itu. Jika di Bali yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Buleleng yang terkenal dalam sejarah itu masyarakatnya banyak menganut agama Hindu, di Lombok mayoritas justru memeluk agama Islam. Tak heran jika Bali dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Lombok dijuluki Negeri Seribu Masjid. Tapi jangan salah, kendati tidak sebanyak di Bali, kita tetap dapat menikmati pura yang menjadi tempat sembahyang masyarakat penganut Hindu di Pulau Lombok.

Berada di garis pantai yang saling berdekatan, menjadikan Pulau Lombok tak kalah eksotis untuk didatangi. Penerbangan dari Jakarta hanya memakan waktu sekitar 2 jam menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid atau yang dulu dikenal dengan Bandara Internasional Lombok. Mau penerbangan pagi, siang atau sore pun juga tinggal pilih. Eh, tapi jangan lupa untuk cek harga tiket pesawat ke Lombok di situs pegipegi.com, ya. Tinggal pilih deh, mau penerbangan jam berapa aja. Cek harga di sana juga real-time, jadi tak perlu takut bakal kemahalan karena harga yang ditawarkan sudah yang termurah.

Di situs tersebut, kamu juga bisa dimudahkan dengan proses pemesanan. Tentukan tanggal keberangkatan dan harga yang dinilai cocok, pilih metode pembayaran, selesai deh. E-ticket kamu juga bakal dikirim ke alamat email, mudah kan? Oh iya, pembayaran pun tak melulu harus via kartu kredit atau transfer bank, loh. Ada juga pembayaran di outlet retail modern yang tentunya lebih dekat dari lokasi kamu. Jadi gak ada alasan susah untuk proses pemesanan tiket online. 

Kalau sudah sampai di Lombok, jangan lupa jalan-jalan ke Desa Ende (cara pengucapannya seperti kata “Engkau”, tidak seperti Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur) di Kabupaten Lombok Tengah, yang menjadi tempat tinggal sekaligus pusat kebudayaan suku Sasak yang merupakan penduduk asli pulau tersebut. Di tempat yang menjadi desa wisata itu, masyarakatnya masih menjunjung tinggi adat istiadat nenek moyang yang diperkirakan merupakan perantau asal tanah Jawa. Salah satunya terkait larangan mendirikan bangunan modern, baik rumah maupun fasilitas lainnya. 

Memasuki Desa Ende seperti masuk ke dimensi lain di masa lalu yang kental dengan adat dan budayanya. Jalan setapak dari tanah dan banyak pemandangan sapi-sapi yang asyik merumput, akan mewarnai perjalanan yang ditempuh sambil tentunya mendapatkan penjelasan dari pemandu wisata yang biasanya juga asli suku Sasak. Berbeda dengan Desa Sade yang juga berada di Lombok Tengah, wisatawan memang kerap tertukar karena kemiripan budaya dan lokasi yang berdekatan.

Benar saja, di desa yang dihuni sekitar 130 jiwa itu, rumah-rumahnya masih sangat tradisional. Dengan tinggi hanya setengah meter dari tanah, sengaja dibuat agar tamu harus membungkukkan kepala sebagai tanda penghormatan kepada tuan rumah. Rumah-rumah di desa ini juga masih beratapkan jerami tanpa jendela di dindingnya, tanpa penggunaan peralatan elektronik kendati listrik sudah masuk. 

Aroma tanah liat dan kotoran sapi yang unik juga akan tercium ketika memasuki wilayah Desa Ende, karena rumah tradisional itu menggunakan campuran kedua bahan tersebut yang memiliki daya rekat dan mampu menyerap debu dengan sangat baik, serta menghalau nyamuk. Tradisi yang tentunya tidak dapat ditemui di tempat lain yang memiliki ragam budayanya sendiri. 

Berliburan di Lombok tentu tak akan mengecewakan, siapkan budget yang cukup ya, agar tidak ada masalah kekurangan anggaran saat ini menikmati suasananya. Mau bawa koper atau menyandang tas ransel, semua ada di tangan kamu.

0 komentar:

Posting Komentar