Kamis, 08 Agustus 2019

7 Tips Memilih Speaker Aktif Terbaik yang Wajib Anda Tahu!


Pertimbangan setiap orang dalam memilih speaker ini berbeda-beda. Ada yang menginginkan suara yang kencang, namun ada pula yang mencari daya RMS yang besar. Ada juga yang menginginkan suara yang bass mantap ketika digunakan untuk memutar audio maupun video. Produsen speaker aktif berusaha untuk memberikan fitur yang menarik sehingga setiap speaker yang dijual ke pasaran akan memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh sebab itu dalam memilih speaker ini harus menggunakan pertimbangan khusus jangan asal bunyi dan asal murah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan speaker aktif terbaik yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda seperti berikut ini:

Speaker Aktif Pabrikan

Tips memilih speaker aktif terbaik yang pertama adalah pilihlah yang pabrikan bukan rakitan. Speaker pabrikan akan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan yang rakitan atau industri rumahan. Speaker pabrikan akan diuji terlebih dahulu apakah sesuai dengan standar produksi atau belum dan sebelum di pasarkan ke masyarakat akan dilakukan pengecekan apakah speaker tersebut dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Tidak hanya itu saja speaker buatan pabrik memiliki kantor resmi dan juga layanan garansi yang resmi dengan jangka waktu tertentu, sehingga hal ini akan menguntungkan Anda.

Untuk yang rakitan ini produksi hanya berdasarkan feeling si pembuatnya sendiri sehingga tidak ada standar baku yang dilakukan. Hal inilah yang membuat kualitas hasil produksi belum tentu baik. Bahkan dalam sekali produksi si pembuat speaker rakitan akan menghasilkan speaker dengan kualitas yang berbeda-beda sehingga hasil produksinya tidak pernah konsisten. 

Brand Ternama

Pabrik yang memproduksi speaker aktif ini sangat banyak sekali sehingga Anda harus bisa bersikap selektif. Pilihlah brand yang sudah ternama dan minimal standarnya sudah nasional. Selain itu Anda juga bisa memilih brand yang memiliki service center yang resmi dan memiliki garansi purna jual minimal satu tahun.

Speaker Aktif 3 Way

Pada dasarnya setiap driver yang disematkan pada speaker ini memiliki respons frekuensi yang cukup terbatas maksudnya di sini adalah tidak semua rentang frekuensi di sini bisa di dengar oleh manusia sehingga speaker yang diciptakan berbeda-beda ada yang woofer, midrange, dan juga tweeter. Oleh sebab itu jika speaker aktif tersebut memiliki sistem 3 way di atas maka bisa menghasilkan suara yang detail dan tentunya lebih enak di dengar dibandingkan dengan dua way saja.

Ukuran Woofer

Tips memilih speaker aktif terbaik yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah ukuran woofernya. Jika Anda menyukai speaker dengan nada bass yang besar maka Anda bisa memilih speaker dengan ukuran woofernya yang besar. Jika Anda menginginkan speaker dengan dentuman bass yang mantap Anda bisa memilih speaker dengan double woofer.

Konektivitas

Memang konektivitas ini tidak ada hubungannya dengan suara namun hal ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan speaker tersebut. Konektivitas yang lengkap bisa membuat speaker tersebut mampu terhubung dengan media lainnya seperti gadget, komputer, USB atau MMC, dan masih banyak lagi lainnya.  Hal ini akan membuat Anda hanya membutuhkan satu speaker saja untuk terhubung ke perangkat lainnya sehingga lebih fleksibel terutama jika membutuhkan konektivitas yang berbeda-beda sewaktu-waktu.

Kotak Speaker

Speaker dikemas dengan bentuk kotak, semakin besar ukuran speakernya maka semakin besar kotak pembungkusnya. Misalnya saja adalah speaker untuk woofer 8 inch tentu ukurannya berbeda dengan woofer 10 inch.  Kotak speaker ini juga bisa Anda jadikan sebagai penentu dari ukuran woofernya namun tidak mutlak sebab ada juga speaker aktif yang kotakannya besar namun dayanya kecil. Ukuran kotak ini juga harus Anda sesuaikan dengan ruangan atau rumah Anda, jika rumahnya minimalis jangan memilih speaker dengan kotak yang besar.

Dilengkapi Fitur Terkini

Zaman sekarang ini pemutar musik sudah lebih canggih yang mana bisa diakses dengan melalui berbagai macam perangkat seperti ponsel, laptop, atau juga MP3. Oleh sebab itulah dibutuhkan speaker aktif yang memiliki fitur ter up-to-date seperti input gadget 3.5mm atau bisa juga dilengkapi dengan Bluetooth sehingga tidak perlu menggunakan colokan kabel untuk menghubungkan perangkat ke speaker.

Demikianlah tips memilih speaker aktif terbaik yang bisa Anda pertimbangkan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar