Rabu, 09 Oktober 2019

Stimulasi Anak yang Baik dan Gizi Pertumbuhan Anak


Dalam perkembangan dan pertumbuhan anak kecil, peran gizi memang sangat penting, terutama pada fase 1.000 hari pertama kehidupan si kecil. Asupan gizi yang sesuai harus di imbangi dengan stimulasi anak. Semua itu menjadi kunci penting untuk menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Maka dari itu, sejak anak masih dalam kandungan sampai usia 2 tahun, sebagai orangtua harus pandai dalam memastikan asupan nutrisinya cukup. Fase tersebut merupakan fase emas dalam masa tumbuh kembang, terutama fungsi kognitif anak. Dukungan orangtua bisa berupa menyediakan asupan gizi sejak awal tahapan kehidupan. 

Nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak ketika dalam kandungan sampai balita, antara lain asupan asam linoleat, kolin pada telur dan DHA, kalsium, sfingomielin, dan vitamin D. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk perkembangan hipokampus, yakni bagian dalam otak yang berfungsi untuk daya ingat dan proses belajar anak. Buat para Ibu hamil, jangan lupa mengkonsumsi zat besi yang cukup. Nantinya, ketika anak sudah waktunya makan makanan pendamping ASI, ibu bisa memberikan zat besi yang umumnya terkandung dalam sayuran berwarna, serta asupan zink yang biasanya terkandung pada daging atau susu jika diperlukan. 

Selain itu, pemberian vaksin sangat penting untuk mencegah penyakit infeksi pada anak. Imunisasi berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak agar mampu melawan penyakit menular yang berbahaya. Anak yang tidak memperoleh imunisasi dasar lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat, bahkan meninggal. Jika kecukupan nutrisi anak sudah terpenuhi, diperlukan stimulasi anak yang sesuai. Tujuannya adalah agar memperoleh pengalaman baru dari setiap tahapan belajar. Stimulasi pada bayi baru lahir, seperti mengajak bicara saat mandi, memberikan pijatan, memeluk, dan menyentuh yang membuat indra lebih peka. 

Orangtua tidak boleh memaksakan pengajaran pada anak, tapi mendampingi dan mengasah kemampuan belajarnya agar meraih capaian penting dalam tumbuh kembang sesuai tahapan usia. Nantinya terbentuk kemampuan belajar progresif yang dibutuhkan untuk membentuk karakter pada anak-anak dan menemukan bakat mereka. PT Wyeth Nutrition Sduaenam meluncurkan  inovasi terbaru S-26 Procal Gold, Setiap anak memiliki potensi untuk menjadi anak hebat. Wyeth Nutrition juga memahami bahwa orangtua memerlukan dukungan dalam membesarkan anak Generasi Alpha. Untuk itu, S-26 Procal Gold hadir dengan inovasi terbaru Multiexcel alpha-Lipids System yang membantu memberi Stimulasi anak dan mendukung pertumbuhan si Kecil dengan bagus.

Meta Deskripsi: Asupan gizi yang sesuai harus di imbangi dengan stimulasi anak. Semua itu menjadi kunci penting untuk menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

0 komentar:

Posting Komentar