Rabu, 09 Oktober 2019

Stimulasi Anak yang Baik dan Gizi Pertumbuhan Anak


Dalam perkembangan dan pertumbuhan anak kecil, peran gizi memang sangat penting, terutama pada fase 1.000 hari pertama kehidupan si kecil. Asupan gizi yang sesuai harus di imbangi dengan stimulasi anak. Semua itu menjadi kunci penting untuk menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Maka dari itu, sejak anak masih dalam kandungan sampai usia 2 tahun, sebagai orangtua harus pandai dalam memastikan asupan nutrisinya cukup. Fase tersebut merupakan fase emas dalam masa tumbuh kembang, terutama fungsi di dalam kognitif anak. Dukungan orangtua bisa berupa menyediakan asupan gizi yang bernutrisi tinggi sejak awal tahapan kehidupan. Manfaat dari memberikan stimulasi pada anak sejak dini adalah untuk memberikan rangsangan ketika si kecil lahir, bahkan memberikan stimulasi pada anak sejak dini bisa merangsang untuk semua sistem panca indera seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan. Nah, rangsangan yang dilakukan secara terus menerus bisa memacu untuk perkembangan otak si kecil di dalam berbagai aspek.

Nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak ketika dalam kandungan sampai balita, antara lain asupan asam linoleat, kolin pada telur dan DHA, kalsium, sfingomielin, dan vitamin D. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk perkembangan hipokampus, yakni bagian dalam otak yang berfungsi untuk daya ingat si kecil dan proses belajarnya. Buat para Ibu hamil, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, asupan gizi yang baik serta zat besi yang cukup. Nantinya, ketika anak sudah waktunya makan makanan pendamping ASI, ibu bisa memberikan zat besi yang umumnya terkandung dalam sayuran berwarna, serta asupan zink yang biasanya terkandung pada daging atau susu jika diperlukan.

Orangtua tetap harus mendampingi dan mengasah kemampuan si kecil mulai dari belajarnya agar meraih capaian penting dalam tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya. Sehingga nantinya akan terbentuk kemampuan progresif belajar si kecil yang dibutuhkan untuk membentuk karakter pada masing-masing anak dan menemukan bakat mereka. Setiap anak memiliki potensi untuk menjadi anak hebat.

Asupan gizi yang sesuai harus di imbangi dengan stimulasi anak. Semua itu menjadi kunci penting untuk menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

0 komentar:

Posting Komentar