Rabu, 27 November 2019

Kelainan Darah dan Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai


Setiap organ manusia memiliki peran penting. Tidak terkecuali darah yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Gangguan yang terjadi pada salah satu atau beberapa bagian darah umumnya disebut dengan penyakit kelainan darah yang dapat memengaruhi jumlah dan fungsi darah.

Kenali gejala kelainan darah yang dapat menimbulkan penyakit serius pada diri anda atau orang sekitar. Kelainan darah ini dapat bersifat akut ataupun kronis. Kelainan darah dapat menyebabkan penyakit yang serius dan anda perlu untuk waspada.

Gejala yang muncul akibat dari kelainan darah tidak sama pada setiap orang dan bergantung pada penyebab yang mendasari adanya kelainan darah tersebut. berikut beberapa gejala yang dapat anda kenali.

  • Mimisan yang cukup sering
  • Tubuh terasa cepat lelah
  • Sering sakit kepala
  • Gusi berdarah
  • Mudah mengalami memar
  • Jantung berdebar
  • Sesak napas
  • Terasa nyeri pada bagian dada
  • Sering demam
  • Kulit berwarna pucat pasi
Ketika anda mengalami gejala kelainan darah yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter. 

Berikut penyakit yang disebabkan oleh kelainan darah. Kelainan darah yang memengaruhi sel darah merah.

Anemia

Penyakit ini diakibatkan oleh jumlah sel darah merah yang terdapat dalam tubuh cenderung rendah. Tubuh tidak akan mendapat suplai darah yang kaya akan oksigen jika anda terserang anemia. Gejala lain pada penderita anemia ini umumnya disertai dengan pusing atau sakit kepala, dan sesak napas. Penderita anemia sering mengalami lesu, lemah, lelah, dan tidak bertenaga akibat dari suplai darah yang kaya oksigen ini rendah.

Polisitemia vera

Produksi sel darah merah yang terlalu berlebih dapat menyebabkan darah membeku dan menghambat aliran darah. Sumsum tulang belakang yang terlalu banyak memproduksi sel darah merah meningkatkan risiko penggumpalan darah pada otak atau penggumpalan darah yang terjadi di arteri jantung.

Malaria

Parasit yang dibawa oleh nyamuk anopheles dapat mengakibatkan penyakit yang berbahaya. Parasit yang masuk ke dalam tubuh akan meninfeksi dan merusak sel darah merah. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa demam tinggi dan tubuh menggigil. Jika hal ini dibiarkan dapat merusak organ tubuh lain dan bahkan dapat mengancam nyawa penderita.

Berikut beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kelainan darah yang memengaruhi sel darah putih.

Leukemia

Jenis kanker darah yang diakibatkan oleh sel darah putih yang diproduksi terlalu banyak dan tidak terkendali di sumsum tulang dan berubah menjadi tidak normal. Leukemia dibedakan menjadi dua yakni akut dan kronis berdasarkan seberapa cepat perkembangan dan jenis sel darah putih yang diserang.

Praleukimia

Jenis kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Hal ini disebabkan oleh sel darah yang tidak terbentuk dengan sempurna sehingga tidak dapat berfungsi seperti seharusnya. Penyakit ini pada umumnya muncul secara perlahan, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini muncul secara mendadak dan menjadi leukemia kronis maupun akut.

Penyakit yang diakibatkan oleh kelainan darah dan memengaruhi keping darah.

Trombositopenia


Sumber: halodoc.com

Penyakit ini diakibatkan oleh pertumbuhan trombosit yang terlalu rendah. Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah. Jika trombosit dalam tubuh terlalu rendah, maka dapat mengakibatkan pendarahan internal yang berbahaya.

Penyakit yang diakibatkan kelaian darah dan memengaruhi plasma darah.

Hemofilia

Kondisi yang disebabkan oleh kekurangan protein pembekuan darah dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit hemofilia. Penyakit ini adalah penyakit genetik dan menyebabkan darah sulit untuk membeku. Jika penderita hemofilia mengalami pendarahan, maka pendarahan tersebut sulit untuk dihentikan. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

Segera periksakan diri anda kepada dokter jika mengalami gejala kelainan darah. Lakukan tes darah untuk mengetahui kondisi darah anda secara akurat.

0 komentar:

Posting Komentar