Jumat, 27 Maret 2020

4 Tips Memilih Tabungan Pendidikan yang Terbaik untuk Anak


Memenuhi kebutuhan anak adalah hal lumrah yang perlu dilakukan oleh orang tua. Pada umumnya kebanyakan orang tua pasti menginginkan segala yang terbaik untuk anaknya termasuk juga mengenai kebutuhan pendidikannya. Inilah 4 tips memilih tabungan pendidikan yang terbaik untuk anak Anda. 


1. Ketahui Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan 

Tabungan dan asuransi merupakan dua hal yang mempunyai fungsi hampir sama yaitu sebagai tempat investasi. Tabungan lebih mengarah ke penyimpanan uang pada lembaga keuangan tertentu. Besaran bunga yang Anda peroleh adalah tetap di setiap bulannya. Jenis investasi ini bisa dikatakan lebih aman dibandingkan asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Bunga yang akan Anda peroleh dari asuransi besarannya tidak tetap. Bisa jadi naik bahkan turun sewaktu-waktu tergantung dengan nilai saham. Selain berguna untuk investasi pendidikan asuransi juga memiliki fungsi sekaligus yaitu berperan sebagai asuransi jiwa dan kesehatan.

Tabungan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, sedangkan asuransi dikelola oleh perusahaan/institusi asuransi tertentu. Asuransi pendidikan dapat Anda temukan di bank tertentu, namun perlu Anda ketahui jenis asuransi pendidikan tersebut bukanlah produk dari perbankan, melainkan bank hanya berperan sebagai agen atau penjual asuransi tersebut.


2. Sesuaikan Kebutuhan dan Kemampuan

Langkah utama yang perlu dilakukan Sebelum Anda memilih tabungan khusus pendidikan untuk anak Anda adalah tetapkan sebuah target dan pastikan target tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Terdapat dua jenis investasi pendidikan untuk anak, yaitu tabungan dan asuransi / deposito.

Tabungan lebih tepat digunakan jika Anda membutuhkan investasi pendidikan dalam jangka waktu pendek. Apabila Anda membutuhkan untuk investasi pendidikan jangka panjang asuransi dan deposito dapat menjadi pertimbangan.

Memperhitungkan kemampuan finansial Anda merupakan hal yang perlu dilakukan di awal. Secara umum jenis investasi semacam asuransi memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Jika Anda salah dalam memperhitungkan keuangan bisa jadi Anda justru akan mengalami kerugian. untuk menghindari hal tersebut memilih jenis tabungan pendidikan lebih dianjurkan.


3. Tentukan Target

Kebanyakan orang tua pastinya sudah merencanakan target pendidikan anaknya sampai ke jenjang tertentu. Pastikan dana pendidikan yang Anda siapkan untuk anak Anda cukup untuk merealisasikan rencana tersebut. Investasi pendidikan untuk anak perlu Anda siapkan dari jauh-jauh hari. 

Carilah informasi mengenai besaran biaya pendidikan yang harus dibayarkan sesuai dengan jenjang pendidikan yang akan dijalani anak Anda. Perhitungkan besaran inflasinya sehingga Anda akan mendapatkan kisaran total biaya yang dibutuhkan. Hal tersebut akan mempermudah Anda dalam memilih jenis investasi pendidikan yang sesuai dengan target.


4. Pilih Produk yang Tepat

Pilihlah produk yang tidak hanya berupa investasi namun juga sekaligus bermanfaat sebagai proteksi. Beragam jenis tabungan dan deposito kini memberikan penawaran jaminan/asuransi, meski hanya berupa asuransi tradisional dan masih tergolong sebagai fitur tambahan. 

Nilainya pun tidak sebesar seperti yang diperoleh dari institusi asuransi karena biaya ini ditanggung oleh bank. Sedangkan pada asuransi pendidikan, fungsi proteksinya merupakan fitur utama yang termasuk dalam besaran premi yang Anda bayarkan sehingga memiliki nilai yang lebih besar. 

Anda perlu mencari informasi yang jelas mengenai syarat dan ketentuan produk investasi tertentu sebelum Anda menentukan pilihan. Kini beragam produk bank yang menawarkan tabungan khusus pendidikan anak memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilih yang paling tepat untuk masa depan anak Anda.

Nah, itulah 4 tips yang dapat dipertimbangkan agar Anda memperoleh tabungan pendidikan terbaik untuk anak Anda. Dengan perencanaan finansial yang sudah mapan, Anda tak perlu khawatir dalam mempersiapkan biaya pendidikan hscbc.co.id dapat membantu Anda merencanakan biaya pendidikan anak Anda.

0 komentar:

Posting Komentar