Kamis, 02 April 2020

Berita Corona di Indonesia: 5 Tips Atasi Jam Tidur Saat Karantina


Pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa kepala daerah memutuskan untuk karantina wilayah. Keputusan ini menjadi topik hangat di tengah-tengah berita corona di Indonesia karena sempat tidak sejalan dengan instruksi pusat. Adanya instruksi bekerja di rumah membuat jadwal harian bahkan tidur menjadi terganggu. Berikut ini ada tips mengatasi jam tidur terutama saat masa karantina.

1. Tidur Sewajarnya

Peralihan dari aktivitas sebelum pandemi Covid-19 dan saat ada pandemi memang memengaruhi pola hidup. Salah satunya adalah mengenai tidur. Pada pagi hari yang biasanya rajin dan langsung berangkat ke kantor, kini bisa terjangkiti rasa malas. Bahkan bisa jadi, Anda akan meneruskan tidur malam sehingga lama jam tidur bisa melebihi ukuran jam standar tidur. Hal ini bisa mengakibatkan insomnia atau tidak bisa tidur saat malam hari. 

2. Jaga Rutinitas Harian

Diam di rumah bukan berarti Anda tidak melakukan aktivitas apapun. Himbauan untuk bekerja di rumah, juga bukan menjadi masalah. Anda masih bisa melakukan aktivitas harian yang biasa Anda lakukan seperti biasanya. Karantina hanya membatasi agar tidak pergi terlalu jauh ke wilayah yang berpotensi penyebar virus. Jika Anda menjaga rutinitas harian Anda seperti sebelum adanya pandemi Covid-19, tidak akan ada masalah pada jam tidur. 

Usahakan Anda menjaga bangun pagi seperti berangkat kerja atau pergi ke sekolah. Lakukan aktivitas seperti biasanya. Jika diperlukan istirahat sebentar, ya harus istirahat nanti bisa dilanjutkan kembali. Apabila terlalu capai, Anda bisa tidur siang setidaknya 15 menit lalu melanjutkan aktivitas berikutnya.

3. Batasan Penggunaan Gadget

Adanya pandemi Covid-19 yang belum ada kabar kapan bisa berakhir, memberikan dampak diberbagai sektor. Instruksi agar di rumah saja semakin membuat Anda lebih sering berselanjar di internet mencari informasi terbaru. Berita corona di Indonesia masih terus berkembang. Entah itu masyarakat yang terjangkiti hingga kebijakan pemerintah pusat.

Meskipun tidak menutup kemungkinan Anda mengikuti terus perkembangannya, tidak ada salahnya Anda beristirahat. Batasi penggunaan gadget terutama yang mengonsumsi internet secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan pada mata karena radiasi. Bahkan kelelahan pada otak karena kurang istirahat akibat rasa penasaran atas informasi-informasi yang ada di dalamnya.

4. Olahraga

Jangan habiskan waktu hanya berbaring di atas kasur. Semakin lama rebahan, jam tidur akan semakin lama juga. Jika dibiarkan secara terus menerus, akan semakin memperburuk kesehatan. Jagalah olahraga dan lakukan setiap hari. Meskipun bentuk olahraga hanya sebatas pemanasan. Lakukan minimal 30 menit, setidaknya sirkulasi oksigen dalam darah dan ke semua jaringan tubuh terjaga.

Olahraga tidak harus menyiapkan semua peralatan komplit pada umumnya. Lari-lari kecil di koridor, mengitari meja makan, naik turun tangga, melompat-lompat, bisa menjadi alternatif. Bisa juga Anda mengajak anak untuk bergerak bebas yang diiringi lagu. Tujuan olahraga di sini agar Anda tetap berkeringat dan tubuh melakukan pembakaran sebagaimana mestinya.

5. Jaga Asupan Makanan

Makanan juga turut ikut mempengaruhi. Apabila Anda memakan makanan yang mayoritas berkarbohidrat secara berlebih dan perut Anda penuh dengan itu, bisa dipastikan Anda lebih sering mengantuk. Akhirnya bisa menyebabkan ketiduran saat sedang melakukan aktivitas, misalnya kerja depan laptop. Sebaliknya, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa membuat terjaga. Dampaknya pada jam tidur yang tidak teratur lagi.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi jam tidur agar teratur terutama pada masa-masa karantina. Memang https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/ menjadi berita yang paling hangat diperbincangkan. Selain memperbarui informasi terkait hal itu, Anda juga harus memerhatikan kesehatan dengan menjaga pola tidur sesuai jam standar tidur.

0 komentar:

Posting Komentar